Jumat, 20 Februari 2015

Kuis Siapa Lebih Berani



Siapa Lebih Berani? (disingkat SLB?) adalah sebuah acara kuis Indonesia ciptaan Helmy Yahya. Acara kuis ini dibawakan oleh Helmy Yahya dan Alya Rohali. Kuis SLB? merupakan reinkarnasi dari Siapa Berani? yang pernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 2000-2005 dengan pembawa acara yang sama. Kuis SLB? ditayangkan di RCTI sejak tanggal 11 Mei 2009 hingga 11 Desember 2009.
Pada tahun 2011, kuis ini bereinkarnasi dengan judul Siapa Paling Berani? (ANTV), Pada tahun 2014, Kuis SIB? merupakan kuis reinkarnasi dari Siapa Ingin Berani? ditayangkan di NET..

Seberapa Dekat

Di babak ini, pembawa acara akan membacakan 3 pertanyaan survei yang harus ditebak hasil surveinya secara bergantian. Setiap kelompok diberi waktu 20 detik untuk berdiskusi di setiap pertanyaannya dalam memberikan jawaban berupa angka yang mendekati hasil surveinya, tetapi tidak boleh melampaui angka hasil survei yang sebenarnya. Akumulasi poin yang terkumpul akan menjadi modal awal bagi perwakilan dari tiap kelompok.

Pilihan

Di babak ini, pembawa acara akan membacakan 10 pertanyaan pilihan dengan 2 pilihan jawaban (A dan B) secara bergantian. Jika memilih jawaban A, maka kontestan menekan tombol merah. Jika memilih jawaban B, maka kontestan menekan tombol hijau. Setelah selesai, pembawa acara akan membahas jawaban benar dari ke-10 pertanyaan yang dilontarkan dan mengumumkan 5 kontestan dengan nilai terbaik dari 20 kontestan dari 5 kelompok yang akan mendapatkan hadiah barang. Kontestan terbaik dari semua kelompok akan mewakili kelompoknya bermain di babak selanjutnya.

Cerita

Di babak ini, pembawa acara akan membacakan 10 soal cerita secara bergantian. Pertanyaan dijawab secara berebutan dengan menekan tombol bel. Jika menekan tombol tetapi tidak menjawab atau menjawab salah, maka kontestan tidak boleh menjawab lagi pertanyaan itu. Jika jawabannya benar, maka kontestan akan mendapatkan nilai. Ke-95 kontestan yang tidak bermain tidak boleh menjawab atau memberitahu jawaban karena akan mengakibatkan pertanyaan didiskualifikasi.
 

Trivia

Di babak ini pembawa acara akan membacakan 10 soal pendek secara bergantian. Pertanyaan dijawab secara berebutan dengan menekan tombol bel. Jika menekan tombol tetapi tidak menjawab atau menjawab salah, maka kontestan tidak boleh menjawab lagi pertanyaan itu. Jika jawabannya benar, maka kontestan akan mendapatkan nilai. Setiap pertanyaan terjawab benar akan menghasilkan skor 10 poin.

Trivia Bertingkat

Di babak ini pembawa acara akan membacakan 10 soal pendek secara bergantian. Pertanyaan dijawab secara berebutan dengan menekan tombol bel. Jika menekan tombol tetapi tidak menjawab atau menjawab salah, maka kontestan tidak boleh menjawab lagi pertanyaan itu. Jika jawabannya benar, maka kontestan akan mendapatkan nilai. Pertanyaan pertama bernilai 10 poin, pertanyaan ke-2 bernilai 20 poin, dan seterusnya, hingga pertanyaan ke-10 bernilai 100 poin.

Betting

Di babak ini, ke-5 perwakilan masing-masing kelompok dipersilakan kembali ke kelompoknya masing-masing. Kemudian pembawa acara akan membacakan 1 pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban (A, B, dan C). Tugasnya adalah mempertaruhkan skor yang telah diperoleh tetapi tidak boleh melampaui skor perolehannya, dan menjawab A, B, atau C. Waktu untuk berdiskusi adalah 30 detik. Jika jawabannya benar, maka skor akan bertambah sesuai taruhan; dan jika jawabannya salah, maka skor akan berkurang sesuai taruhan. Perwakilan kelompok dengan nilai tertinggi akan maju ke babak bonus. Jika ada 2 atau lebih perwakilan kelompok yang memperoleh nilai tertinggi yang sama, maka akan diadakan pertanyaan tambahan untuk menentukan siapa pemenangnya

Regulasi

  • Semua pertanyaan dijawab dengan jawaban betul atau salah.
  • Kontestan pemenang berhak didampingi 1 dari 19 rekannya yang dapat dimintai bantuan kapan saja sepanjang permainan.
  • Kontestan pemenang dan pendampingnya berhak bertanya hanya 1 kali kepada 18 rekannya untuk membantu memberikan jawaban dengan musyawarah mufakat.
  • Jawaban akhir tetap hak mutlak kontestan pemenang.
  • Jika jawaban akhir kontestan pemenang ternyata tepat, maka permainan berlanjut, dan perolehan hadiah kontestan bertambah.
  • Jika jawaban akhir kontestan pemenang ternyata tidak tepat, maka permainan berakhir, dan perolehan hadiah kontestan dipotong 50%.
  • Jika kontestan pemenang menyatakan menyerah (pass), maka permainan berakhir, tetapi hadiahnya tidak dipotong. Sumber:wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar